post-image

PT Bumikharisma Lininusa dipercaya untuk mengerjakan pengadaan & pemasangan solar panel di stasiun gambir

Jakarta, Bumikharisma Lininusa - Bumikharisma Lininusa dipercaya untuk mengerjakan project pengadaan dan pemasangan solar panel di PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI yang menggelontorkan sekitar Rp 1 miliar untuk memasang pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) atau solar panel di Stasiun Gambir dan gedung Jakarta Railway Center (JRC). Masing-masing dipasang dengan daya 40,5 kWp dan 40 kWp.

"Untuk saat ini investasinya sekitar Rp 500 juta per building. Itu sudah masuk di Rencana Kerja Anggaran Perusahaan (RKAP) KAI tahun ini," ujar Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Usaha KAI Sandry Pasambuna di Stasiun Gambir, Senin, 26 September 2022.

Dia menjelaskan pemasangan solar panel itu merupakan bagian dari rangkaian HUT ke-77 KAI. Ini merupakan upaya transisi energi yang dilakukan KAI dengan menggunakan energi baru terbarukan (EBT) untuk suplai energi listrik di berbagai aset KAI.

"Di momen ini, KAI ingin turut serta menghijaukan Indonesia melalui Environmental, Social, and Governance (ESG) dalam pemanfaatan EBT untuk terciptanya ekosistem bisnis yang lebih baik dan berkelanjutan," kata dia.

Pada tahap awal, transisi energi telah diterapkan di Stasiun Gambir. Stasiun ini merupakan ikon di pusat Kota Jakarta. Gambir juga merupakan stasiun besar yang memiliki sejarah dan fungsi yang penting untuk melayani pelanggan. Adapun Gedung JRC adalah salah satu gedung perkantoran utama KAI selain Kantor Pusat KAI yang berada di Bandung.

Menurut Sandry, kelistrikan di stasiun setiap harinya digunakan untuk kebutuhan seperti pencahayaan, pendingin ruangan, sound system, dan berbagai peralatan elektronik yang digunakan penumpang serta kepentingan operasional api lainnya. Implementasi solar panel di Stasiun Gambir adalah hasil dari Sinergi BUMN KAI dengan Pertamina NRE yang pengerjaannya dikerjakan oleh PT Bumikharisma Lininusa (BKL)